Welcome

Artikel di blog ini dibuat atas dasar hobi. Jika kalian menemukan manfaat dari blog ini, anggap saja itu kebetulan. Tak perlu mengucapkan terima kasih.

Tempat Wisata di Bogor

Bogor adalah salah satu kota yang memiliki banyak tempat wisata. Banyak tempat-tempat wisata menarik yang wajib kamu kunjungi ketika sedang berlibur.
Baiklah, untuk kamu yang ingin berlibur di kota Bogor, saranku cuma satu; sedia payung sebelum Bogor! :(

Iya, kota Bogor mendapat julukan kota hujan karena...... ya karena memang sering hujan. Kalau sering rindu berarti julukannya kota rindu.

Menurut pakar mesin jahit, curah hujan di Bogor begitu tinggi karena letak geografis yang berada di dataran tinggi, rata-rata ketinggian Bogor itu berada di antara 200-300 meter di atas permukaan laut. Dan juga Bogor itu berada kaki gunung, seperti diapit oleh dua gunung, yaitu gunung Salak dan gunung Gede, sehingga membuat kawasan Bogor sering dilanda hujan orografi (hujan yang terjadi di daerah penggunungan).

Bogor

Itu sekedar informasi aja, kamu boleh mengabaikannya kalau gak tertarik. Karena inti tulisan ini memang untuk berbagi info tempat wisata di Bogor. Tapi gak semua tempat wisata, karena jumlahnya terlampau banyak, bisa-bisa gak berujung tulisan ini. Serius. Jadi, aku filter beberapa sesuai rekomendasi aku. Inilah rekomendasi tempat wisata di Bogor.

1. Kebun Raya Bogor

Rasanya Kebun Raya Bogor ini harus banget ada di urutan pertama. Pasalnya, KRB ini salah satu ikon kota Bogor, tempat wisata paling terkenal di Bogor. Pokoknya belum ke Bogor kalau belum ke Kebun Raya Bogor. Lokasinya strategis banget. Tepat berada di pusat kota Bogor, tepat berada di jantung kota Bogor. Serius, lihat aja deh peta kota Bogor, lihat posisi Kebun Raya Bogor benar-benar tepat di tengah. Jadi gak perlu risau kalau mau ke KRB sekalipun naik kendaraan umum, saking strategisnya bisa dijangkau dengan berjalan kaki santai dari terminal bus dan juga stasiun kereta api. Untuk tarif tiket masuk juga tergolong murah, cukup bayar Rp. 16.000 saja dan kamu bisa keliling Kebun Raya Bogor sepuasnya. Tapi jangan nginep juga ya.

2. Istana Bogor

Urutan kedua, Istana Bogor. Istana ini istana kepresidenan. Istana ini tepat berada di sebelah Kebun Raya Bogor. Dulu aku suka berkhayal bisa punya rumah semegah istana Bogor dan di sampingnya ada taman seluas Kebun Raya Bogor. Dan impian itu belum tercapai sampai sekarang huhuhu

Kemegahan Istana Bogor sungguh instagramable banget. Untuk masuk ke istana Bogor pun tidak dipungut biaya alias GRATIS. Tapi sayangnya..... istana ini hanya dibuka untuk umum pada momen-momen tertentu, nggak setiap saat. Beruntung banget kalau kamu dari luar kota sedang berkunjung ke Bogor dan bertepatan dengan pembukaan istana untuk umum. Jangan disia-siakan, nanti nyesel!

Baca juga: Jasa pembuatan Reklame Neon Box terbaik dan termurah di Bogor

3. Perkebunan Teh Puncak

Ini rekomendasi tempat wisata di Bogor selanjutnya, perkebunan teh Puncak. Karena apa? Karena GRATIS! Nuansa sejuk sangat terasa di sini, ada sensasi dingin-dinginnya juga, persiapkan jaket hangat aja. Kawasan Puncak Bogor ini panjang dan megah, kamu bisa exploring sepuasnya, berfoto-foto di perkebunan teh nan hijau. Kalau lapar juga tenang, berderet warung makan yang daftar harganya masih terjangkau, beberapa spot warung menawarkan view kota Bogor dari ketinggian. Cobain deh malam-malam ke Puncak saat langit cerah, kamu bisa melihat citylight kota Bogor yang indah.

4. Paralayang Bukit Gantole

Masih berkaitan dengan kawasan Puncak Bogor, destinasi bisa dibilang wisata khusus yang suka kegiatan ekstrim. Aku masukan rekomendasi karena memang seru. Kamu bisa merasakan sendiri sensasinya melayang di ketinggian 1.300 meter dari permukaan sambil melihat pemandangan Puncak Bogor yang menghijau luas. Kegiatan paralayang ini didampingi oleh instruktur yang sudah berpengalaman dalam olahraga paralayang. di Indonesia, paralayang berinduk pada organisasi PLGI (Persatuan Layang Gantung Indonesia), dan berada di bawah FASI (Federasi Aero Sport Indonesia).

Lokasi Bukit Gantole tidak jauh dari Masjid At-Ta'awun, sekitar kurang lebih 300 meter. Tiket masuk Bukit Gantole adalah Rp. 13.000 per-orang. Sedangkan untuk menikmati olahraga paralayang kamu perlu mengeluarkan uang Rp. 350.000 per-orang. Sedikit mahal memang, tapi dijamin menyenangkan, gak akan kecewa, kecuali kamu type orang yang takut ketinggian.

5. Kampung Budaya Sindang Barang

Bosan wisata di perkotaan? Ini solusinya, berkunjung ke Kampung Budaya Sindang Barang! Di sini kamu bukan sekedar wisata, lebih dari itu, kamu bisa dapat wawasan sejarah dan budaya. Wisata budaya di Kampung ini cocok bagi anak-anak, karena di sana Anda dan anak-anak dapat belajar banyak hal mengenai Budaya Sunda, melihat pertunjukkan dan atraksi khas Sunda dan tentunya menikmati keindahan alam Bogor yang masih asri.

Kampung Budaya Sindang Barang berbentuk perkampungan yang masih teguh memegang adat dan tradisi. Bentuk bangunan di perkampungan ini persis seperti apa yang tertulis dalam pantun Bogor tentang Kampung Sindang Barang, masih sangat kental dengan nuansa Sunda. Saat memasuki kampung ini, Anda akan menyaksikan Imah Gede, sebuah bangunan adat yang difungsikan sebagai tempat berkumpul, bermusyawarah para tetua adat. Tetua adat di kampung ini mempunyai julukan kokolot. Kampung Budaya ini memang menjadi tempat tinggal para kokolot dan seniman Sunda yang akan mengantarkan Anda mengenal lebih jauh budaya Sunda di sini.

Selain Imah Gede, ada banyak rumah tradisional Sunda yang difungsikan sebagai lumbung padi, dengan ukuran rumah yang lebih kecil, tanpa pintu, namun memiliki jendela di bagian atasnya. Tak jauh dari lumbung padi, ada Bale Pesanggrahan yang biasanya digunakan oleh tamu kehormatan untuk menginap. Selain rumah-rumah adat, ada pusat pelestarian kesenian, dimana Anda dan anak-anak bisa menonton pertunjukan tari jaipong, musik calung dan angklung, maupun gamelan.

Suasana sehari-hari di Kampung Budaya Sindang barang tak terlepas dari adat dan kebiasaan masyarakat Sunda zaman dahulu. Anda dan anak-anak dapat belajar menumbuk padi di Saung Lisung, memasak dengan menggunakan kayu bakar dan hawu alias kompor tradisional Sunda, belajar kesenian langsung dari para seniman, dan bahkan bercocok tanam. Sembari beristirahat, Anda akan disuguhi dengan pisang rebus maupun bandrek hangat, yang menambah kekhasan Sunda di tempat ini.

Harga tiket masuk wisata Kampung Budaya Sindang Barang adalah Rp. 15.000 (weekday) dan Rp. 20.000 (weekend), terdapat penginapan juga jika kamu berminat untuk bermalam di Kampung ini. Lokasinya berada di Jl. Endang Sumawijaya, Sindang Barang, Kecamatan Tamansari, Bogor. Kalau gak mau repot, klik di sini untuk membuka langsung lokasi melalui Google Maps.

6. Taman Bunga Nusantara

Destinasi wisata satu ini cocok untuk kamu yang suka foto-foto. Pemandangannya superrrrr indah. Setelah kamu melewati pintu masuk, kamu akan langsung disuguhi hamparan taman yang tertata rapi. Ditambah lokasi taman ini berada di ketinggian, membuat udara sekitar taman terasa sejuk, kamu pasti betah berlama-lama di sini. Ada banyak jenis-jenis taman bunga yang bisa kamu temui di sini. Mulai dari Taman Air, Taman Mawar, Taman Prancis, Taman Labirin, Taman Bali, Taman Mediterania, Taman Palem, Taman Jepang, Taman Rumah Kaca, dll. Selain itu, banyak fasilitas-fasilitas menarik yang memanjakan pengunjung.

Harga tiket masuk Taman Bunga Nusantara cukup murah, cuma Rp. 40.000 per-orang. Sedangkan lokasinya berada di Jalan Mariwati KM.7, Kawungluwuk, Sukaresmi Cipanas – Puncak. Gak mau repot? Klik di sini untuk langsung membuka lokasi via Google Maps.

7. Little Venice Kota Bunga

Ini nih wisata yang lagi hits. Gak perlu jauh-jauh ke Italy kalau mau menikmati pemandangan khas kota Vanessia. Gak sekadar desain pada bangunan, objek wisata yang dikenal sebagai “Little Venice” ini juga memiliki sungai buatan layaknya di Kota Venesia. Berbagai bangunan ala Venesia yang ditawarkan bisa kamu jadikan sebagai spot berfoto. Selain itu, ada juga replika ikon negera-negara lain di sini. Mulai dari Patung Merlion, Menara Eiffel hingga Kuil Itsukushima dapat kamu temukan di sini untuk dijadikan spot foto yang menarik. Dan pastinya, banyak wahana-wahan menarik yang bisa kamu nikmati, cocok untuk kamu yang ingin liburan keluarga, kecuali kamu belum berkeluarga.

Harga tiket masuk wisata ini adalah Rp. 25. 000 per-orang. Lokasinya berada di dalam komplek yang bernama Kota Bunga. Lebih tepatnya di Jl. Hanjawar, Desa Sukanagalih, Kecamatan Pacet. Tenang, klik aja di sini untuk langsung buka Google Maps.

8. Devoyage

Ini juga termasuk destinasi wisata yang menawarkan konsep luar negeri. Devoyage adalah tempat wisata yang mengusung konsep lingkungan eropa mulai dari bangunannya, (warna, bentuk dan juga tata letak) serta miniatur kicirangin dan lainnya ada ditempat wisata ini. Selain menjual lokasi bernuansa eropa, ternyata disini juga menyediakan menu makanan yang juga berbumbu eropa.

Ada 150 spot foto yang tertata di atas tanah seluas 1,5 hetkar yang dapat digunakan oleh pengunjung yang ingin selfie. Selain spot foto, ditempat ini juga menyediakan wahana perahu mini, Selain itu, juga terdapat house off game, jenis permainan ini hanya boleh dilakukan oleh pengunjung berusia 7 tahun keatas.

Harga tiket masuk Devoyage adalah Rp. 25.000 untuk weekday dan Rp. 35. 000 untuk weekend. Lokasinya berada di kawasan Bogor Nirwana Resindence, Klik di sini untuk membuka lokasi di Google Maps.

9. Curug Cilember

Soal curug, Bogor bisa dibilang rajanya. Sangat banyak wisata curug di Bogor yang kalau harus disebutkan satu-satu itu setara dengan menghabiskan masa belajar S1. Karena itu, aku hanya berikan satu rekomendasi curug untuk kamu kunjungi. Buat kamu yang belum tau, curug itu adalah air terjun. Karena Bogor adalah daerah pegunungan dan dataran tinggi, Bogor termasuk salah satu kota yang memiliki banyak air terjun indah, khususnya yang dapat dikunjungi untuk wisata.

Curug Cilember adalah satu dari sekian banyak curug yang ada di Bogor. Nama aslinya adalah Curug 7 Cilember karena ada 7 air terjun berbeda di tempat ini, tapi lokasi satu sama lainnya cukup berjauhan. Umumnya wisatawan cukup menikmati sensasi di curug 7, tapi gak jarang ada beberapa pengunjung yang tertarik menyambangi hingga ke curug tertinggi, yaitu curug 1. Saran aku, kalau tujuan kamu untuk liburan keluarga, lebih baik di curug 7 aja. Banyak fasilitas dan spot foto yang menarik. Kamu juga bisa berkemah di sini kalau mau, ada penyewaan alat camping juga.

Harga tiket masuk Curug Cilember adalah Rp. 6.000 per-orang, lokasinya berada di Jl. Raya Puncak, Megamendung, Cilember, Bogor. Klik di sini untuk akses Google Maps.

10. Gunung Pancar

Satu lagi konsep wisata alam di Bogor yang harus kamu kunjungi. Gunung Pancar menawarkan konsep wisata santai menikmati sejuknya wilayah dataran tinggi.Gunung Pancar memiliki hutan pinus yang luas. Bukan hanya pinus, ada pula jenis tumbuhan lain seperti Rasamala, Puspa, Rotan, Jumuju, dll. Menambah daftar lengkap spot foto menarik untuk kamu yang gemar foto-foto. Di sini juga kamu bisa bersepeda, berkemah, berendam di air panas, dan banyak fasilitas memanjakan lainnya.

Harga tiket masuk kawasan gunung pancar adalah Rp. 7.500 per-orang. Lokasinya berada di kawasan Sentul. Klik di sini aja deh untuk lihat sendiri lokasi melalui Google Maps.

Nah, cukup itu rekomendasi wisata di Bogor. Sejujurnya aku menghabiskan waktu cukup lama untuk mem-filter tempat-tempat wisata di Bogor yang sangaaaaat banyak, saking banyaknya aku berjalan keluar rumah beberapa langkah aja udah masuk ke kawasan wisata. Dengan berbagai pertimbangan aku pilih sepuluh tempat tersebut, walaupun menyayangkan tempat-tempat wisata lain yang gak kalah menarik.

Seperti yang kamu lihat, seluruh dokumentasi foto-foto tempat wisata diambil dari explore Instagram. Kalau kebetulan akun kamu termasuk salah satu yang disebutkan dan kamu merasa keberatan dengan dipublishnya foto kamu di web ini, silakan komplain dengan cara menghubungi admin melalui halaman Kontak Admin. Sebenarnya aku ingin menggunakan foto-foto dokumentasi pribadi, karena tentu saja aku sudah pernah mengunjungi semua tempat-tempat wisata tersebut di atas, tapi sayangnya dokumentasi itu lenyap lengkap bersama laptopnya. huhuhu jadi curhat.

Sekian artikel berbagi info ini. Semoga bermanfaat untuk kamu yang ingin berwisata di kota Bogor. Selamat liburan!